BAB2 Teori Konsep Visualisasi dan Model Grafis
2.1 Definisi Visualisasi
1. Mengeksplor
Kegiatan eksplor dapat disebut juga penjelajahan atau
pencarian, adalah tindakan mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan
menemukan sesuatu yang baru. Dalam hal visualisasi, mengeksplor bisa dalam
bentuk eksploarasi terhadap data atau informasi yang ada yang dapat digunakan
sebagai salah satu bagian dari elemen pengambilan keputusan.
2. Menghitung
Menghitung adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapat
gambaran tentang dimensi/bentuk suatu objek. Dalam hubungannya dengan
visualisasi, menghitung dapat diartikan sebagai kegiatan melakukan analisa
terhadap data yang ada dalam bentuk gambar seperti gra k dan tabel yang sudah
terhitung sehingga manajemen hanya perlu melakukan pengambilan keputusan dari
data yang sudah terhitung.
3. Menyampaikan
Data mentah yang diolah lalu ditampilan dalam bentuk seperti gra k merupakan bentuk penyampaian dengan cara pendekatan visual yang mana dapat membuat orang yang melihat gambar tersebut dapat dengan mudah menyimpulkan arti dalam gambar tersebut karena secara umum data yang diolah dalam bentuk gra k lebih mudah dipahami karena sifatnya yang tidak berbelit-belit melainkan langsung kepada point yang dituju
2.2 Karakteristik Visualisasi Informasi
Menurut (McCormick, 1987), karakteristik
visualisasi informasi yang baik memiliki empat karakteristik sebagai berikut:
1. Menggunakan
Pola
Penggunaan pola berguna agar manusia yang melihatnya dapat
melakukan scanning, recognizing, remembering terhadap apa yang mereka lihat dan
menyimpulkan dengan cepat berdasarkan pola-pola yang membedakan pola yang satu
dengan yang lain
2. Perbandingan
Gambar
Macam-macam perbandingan gambar dapat berupa panjang,
bentuk, orientasi, gradiasi warna, tekstur yang mana merupakan pembeda antara
visual yang satu dengan yang lain. Sehingga dengan perbedaan ini juga dapat
menimpulkan perbedaan informasi yang dihasilkan dari perbandingan gambar yang
satu dengan yang lain, dan dengan perbandingan gambar kita juga dapat
mengetahui informasi yang mana yang lebih baik untuk kita maupun orang lain.
3. Gambar
Animasi
Animasi dapat menggambarkan atau membedakan berdasarkan
perjalanan waktu yang terjadi yang mana tidak dapat digambarkan secara jelas
dengan menggunakan gambar yang diam. Gambar animasi mungkin bagi sebagian orang
lebih digemari dan disukai, Karena dengan animasi, makna dan pesan yang ada
dalam gambar disampaikan secara lebih menarik.
4. Warna
Deskipsi warna dapat membantu perbedaan warna yang di gunakan. Dalam hal ini perbedaan warna juga dapat mempengaruhi perbedaan informasi yang dihasilkan. Dan juga dapat menjadikan informasi menjadi lebih menarik dan warna juga bisa menjadi tambahan pemahaman secara cepat jika warna warna tersebut diberikan keteranan secara khusus.
2.3 Model Dasar Proses Visualisasi Informasi
2.3 Keuntungan Teknik Visualisasi
Keuntungan dari Teknik Visualiasi antara lain :
- Eksplorasi visual data dapat dengan mudah mengangani data yang sangat besar, sangat homogen dan noisy sejumlah data.
- Eksplorasi visual data tidak membutuhkan pemahaman tentang matematika yang kompleks dan logika statistik.
- Teknik visualisasi memberikan gambaran kualitatif yang berguna untuk analisis kuantitatif lebih lanjut
- Memberikan perspektif baru pada data.
- Memungkinkan viewer untuk cepat memahami "gambaran umum .
- Dapat digunakan untuk mencari nilai yang hilang di antara beberapa titik data yang telah diketahui.
- Dapat dibuat "user friendly
- Cepat menciptakan atau memodi kasi kumpulan data dengan memanipulasi objek gra s pada layar komputer. Mudah untuk menemukan kesalahan dalam inkonsistensi data dalam jumlah besar.
2.5 Macam Macam Media Visual
Menurut (McCormick, 1987), terdapat macam-macam media visual sebagai berikut:- Diagram
Diagram adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbal balik, terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperhatikan. Diagram dengan tipe pie seperti dibawah ini merupakan diagram yang sangat mudah dipahami dan sangat mudah diserap informasinya, Karena diagram dengan tipe ini men visualisasikan informasi dengan menjadikan informasi menjadi potongan potongan pie, dengan besar pie sesuai dengan nilai data tersebut. - Grafik
Grafik adalah suatu gra s yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang saling berhubungan. Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, gra k mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik. Berikut dibawah ini merupakan contoh gambar gra k jumlah peserta kursus Bahasa inggris, dengan men visualisasikan data secara grafik kita dapat mengetahui minat peserta kursus dari taun ke taunnya dengan mudah. - Poster
Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya. Media ini pada umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai sarana promosi. - Kartun
Kartun adalah menggambarkan dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat. Dengan berasumsi pada konsep tersebut, kartun dapat digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang membuat orang-orang tersenyum, tetapi pada dasarnya kartun mempunyai manfaat dalam proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan logis atau mendukung makna. - Komik
Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca. (1989 : 69). - Gambar
Media gra s paling umum digunakan dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media gra s karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik. - Bagan
Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan-keterangan, daftar-daftardan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.
2.6 Konsep Model Grafik
2.6.1 Elemen Elemen Pembentuk Grafik
Berikut ini adalah elemen - elemen yang dibutuhkan untuk
membentuk sebuah grafik
Gambar 2.1: Elemen Pembentuk Grafik |
- Titik
(point)
Dot atau dalam istilah computer dikenal dengan pixel (picture element) atau kadang juga disebut dengan pel adalah elemen terkecl dari sebuah gambar atau pola dalam tampilan komputer. Kumpulan dari pixel membentuk sebuah gambar atau pola yang dapat dikenali dalam variasi warna dan jumlah yang banyak. Kumpulan pixel dalam jumlah panjang dan lebar tertentu disebut dengan resolusi. - Garis
(Line)
Dua buah titik selalu dihubungkan dengan garis dimana jarak terdekatnya adalah berupa garis lulus. - Vertex
Titik pada gambar 3 Dimensi (3D). - Edge
Garis pada 3D yang menghubungkan 2 vertex. - Polygon
Bangun sembarang yang terbentuk dari vertex vertex yang terhubung. merupakan unit fundamental dari gra k komputer. - Kurva
Kurva adalah suatu objek geometri yang merupakan garis lengkung, atau garis yang terbentuk Karena persambunga titik titik yang kontinyu. - Raster
Berasal dari system TV yang menggunakan kolom pixel. Keuntungannya adalah dapat menggambarkan benda (model) seperti dunia nyata dengan banyak variasi warna. Namun raster juga memiliki kekurangan yaitu memakan memory yang besar dan jika diperbesar dengan sekala tertentu makan gambarnya akan pecah.
2.6.2 Kegiatan Terkait Pemodelan Grafik Komputer
1. Pemodelan
Geometris
Pemodelan Geometris merupakan cabang dari matematika
terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk
deskripsi matematika bentuk, baik itu berbentuk 2D maupun bentuk 3D.
2. Rendering
Rendering adalah suatu kegiatan memproduksi citra yang
lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi
Animasi adalah menetapkan atau menampilkan kembali tingkah
laku/behavior objek bergantung pada waktu yang berjalan, dan animasi juga
merupakan suatu gambar yang bergerak yang terdiri dari beberapa frame.
4. Histogram
Citra
Informasi penting mengenai isi citra digital dapat
diketahui dengan membuat histogram citra. Histogram citra adalah gra k yang
menggambarkan penyebaran nilai-nilai intensitas pixel dari suatu citra atau
bagian tertentu di dalam citra. Dari sebuah histogram dapat diketahui frekuensi
kemunculan nisbi (relative) dari intensitas pada citra tersebut. Histogram juga
dapat menunjukkan banyak hal tentang kecerahan (brightness) dan kontas
(contrast) dari sebuah gambar. Karena itu, histogram adalah alat bantu yang
berharga dalam pekerjaan pengolahan citra baik secara kualitatif maupun
kuantitatif.
0 komentar:
Posting Komentar